Strawberry Cold Press Juice and Strawberry Jam

Ada teman kantor namanya Kang Ade. Dia sering nawarin dagangan strawberry nya dengan harga super murah. Gimana enggak, satu kilogramnya cuma Rp. 35.000 saja. Padahal kalau ke supermarket seperempat gram aja harganya bisa sekitar Rp. 40.000-an. 

Saya bukan penggemar strawberry atau buah-buahan masam lainnya. Tapi kalau lihat harga murah, layaknya ibu-ibu sebaya, tetep aja gemas lihat buah merah ini. Beli karena suka bentuknya hehehehehe. 
Lagi bagus banget strawberry nya 

Ini bukan pertama kalinya saya beli strawberry di Kang Ade. Dan beberapa kali pula beli strawberry sebanyak ini bahkan akhirnya membusuk aja gitu di kulkas. Karena pertama memang nggak terlalu doyan, kedua bingung mau dibuat apa, selain dibuat jus dan dimakan langsung. Entah kenapa orang rumah juga nggak ada yang tertarik untuk makan. Tapi kalau Kang Ade nawarin tetep pengen beli. 

Kali ini harusnya nggak boleh mubazir beli strawberry. Kebetulan mama ngasih mesin cold press juice lama nya yang udah nggak terpakai, bahkan waktu dulu masih sekolah juga nggak pernah dipakai itu mesin, hehehe mama memang seneng beli peralatan dapur dan lalu tak terpakai (siapa yang sama seperti ini hayoo??). 

Tadinya kalau buat jus biasanya pakai blender, strawberry campur susu kental manis dan es batu. Kali ini karena kepingin hidup lebihs sehat, ya langsung aja bikin cold press juice (jus tanpa ampas). 


"suara mesin cold press juice feel so homey, right?"

Strawberry 1 kilogram kalau pakai mesin jus tanpa ampas ini, hasilnya memang sedikit banget lah ya... pantes aja juice yang kayak begini mahal banget kalau beli di mall. Berhubung saya pakai juicer nan jadul lungsuran mama, masih banyak sekali ampas yang tersisa. Ampas nya itu masih banyak mengandung air. Beda dengan juicer yang sering saya lihat di tv, juicer moderen menghasilkan ampas yang lebih sedikit dan cenderung kering. 

Merasa sayang dengan ampas yang tersisa, saya berencana untuk buat selai dari sisa ampas. Ampas strawberry saya sisihkan ke panci kecil, dan tiriskan.

Buka-buka kulkas, ternyata saya masih menyimpan setengah buah pepaya bangkok ukuran kecil. Lagi-lagi saya masukkan ke juicer untuk paduan strawberry juice nya. Masih ada juga buah jeruk di kulkas, saya peras dan masukkan ke campuran Cold Press Juice nya.

Jadi deh menu pertama Cold Press Juice Strawberry + Papaya + Orange + Honey (optional)

Balik lagi ke adonan selai. Sisa ampas strawberry tadi dipanaskan di api kecil, dengan campuran gula pasir sesuai selera, dan vanilli. Saran saya gulanya nggak usah banyak-banyak, karena sayang rasa strawberry yang masam itu akan hilang. Aduk-aduk terus sampai mengental seperti selai.

api kecil saja ya


Jadinya lumayan banyak, dapat 1 jar besar, dan 1 jar kecil. Jar kecil bisa buat kasih hadiah ke teman atau saudara (halo aku bisa bikin selai lho). Rasanya enaakkkkkk, bagi saya yang bukan penggemar strawberry hehehehe. Siapkan roti, butter, dan olesan tipis selai strawberry. Well... saya harus akui keberhasilan mengolah strawberry kali ini.

Sarapan sehat yang ajrang terjadi


Bekal ngantor keesokan harinya disponsori oleh Strawberry Cold Press Juice dan Bread with Strawberry Jam :).




Love,

Ananta













Komentar