Pencarian Kashiwa

Rencana staycation atau liburan di dalam kota Jakarta, sebenernya udah lama banget pengen gue lakukan. Bagi gue nggak masalah liburan di Jakarta, asal hotelnya gue suka. Singkat cerita setelah mengalami perdebatan panjang mau di hotel A, B, C, akhirnya pilihan jatuh ke hotel bergaya Eropa Gran Mahakam Hotel (bener ngga sih ;p). Karena dulu banget pernah kerja di deket situ, paling nggak gue yakin lah gampang nyari makan buat malem-malem, atau sekedar jalan kaki sama anak seru juga. Ada mall, tempat makan, tempat ngopi... ya tinggal pilih lah. Walaupun kondisinya sekarang semua berubah banget sejak terakhir 2013 kesana.

Lobby Hotel Gran Mahakam

Lagi milih-milih tempat yang asik buat makan malam, suami ngasih ide kita ke Melawai saja, disana kan ada "little tokyo", banyak restoran Jepang yang bisa jadi pilihan. And we have no idea mau makan dimana, yang penting jalan aja dulu... sambil mampir sebentar ke Filososi Kopi, maksudnya biar bisa searching resto Jepang mana yang rekomended sambil ngopi.

Nggak taunya... Filosofi Kopi itu penuh banget ya...rameee...parahhh... maklum kita nih emak-emak udah nggak sesering dulu kalo mau coba ini itu. Beli kopi tetep, tapi rencana mau searching resto Jepang nya jadi terdistraksi oleh keramaian cafe.





Sambil duduk di Barstool Filosofi Kopi, mangku anak yang lapar, minum kopi, riweuh, suami searching beberapa resto Jepang rekomendasi para blogger. Banyak banget pilihan sampe kitapun bingung dan nggak ngerti selera kita mau makanan Jepang kayak apa sih. Sushi? Ramen? Bento?, bahkan dengernya aja jadi kayak kehilangan selera. Hujanpun nggak reda-reda, baju kita pun udah setengah basah bekas gerimis, situasi udah nggak nyaman, akhirnya nemu lah nama Kashiwa (hasil intuisi suami).

Kalau lihat di map jaraknya nggak jauh dari posisi sekarang sih, tapi nyari tempat sambil hujan gerimis lumayan membingungkan bagi warga Bekasi kayak kita.

Suami gendong anak 

selfie sambil tetap lihat google map

Perasaan udah deket banget nih sama Kashiwa yang kita cari. Tapi kok nggak ada plang atau petunjuk ya...? (disini kita udah heran dan hopeless apa balik aja ke hotel ya). Sampai akhirnya suami nyadarin kalau kita ternyata udah berdiri di depan tokonya, lokasinya di samping Echigoya Ramen, ada gang kecil dan anak tangga menuju ke lantai 2. Ohh.... jadi resto Kashiwa ini letaknya di atas resto Ramen. Pantes nggak kelihatan dan tersembunyi banget letaknya. Pas naik tangga langsung deg-deg an ini enak nggak ya..tapi tempatnya bikin penasaran.


Kalau kalian suka nonton film Jepang tentang kuliner macem Kodoku No Gurume atau Shinya Shokudo, pasti mengakui kalau Kashiwa ini mirip banget kayak restoran di Jepang. Kashiwa di hari minggu malam ramai banget... kita hampir waiting list, tapi akhirnya dapat tempat di pojokan, dekat meja kasir dan kitchen. Gue dan suami pandang-pandangan sambil senyum lebar dan saling menatap seakan berkata "ini yang kita cari". Makanan disini variatif banget, bener-bener banyak sampe kita kembali bingung mau pesan apa.

Gue dan suami sepakat pesan snack-snack aja dengan harga yang dipatok sekitar 30 sampai 40 ribu rupiah. Ada juga makanan yang harganya dijual lebih dari itu, seperti nasi paket ikan bakar ala Jepang, atau sashimi. Tapi buat kita itu udah biasa dan gampang dicari. Tapi nggak semua punya makanan ringan Jepang seperti disini, pilihannya ada puluhan.

Lagi-lagi jurus "terserah kamu mau pesan apa" gue keluarkan ke suami. karena yaa...maklum ibu-ibu udah nggak konsen mau makan apa. Akhirnya pilihan jatuh kepada Yaki Gyoza, Torikawa, Cheese Dak Galbi, Waraji Corokette, dan mochi ice cream sebagai penutup. Minuman pesan Ocha dingin dan Oolong Tea.

Menurut suami ini adalah gyoza terenak, juara!!!. bagian luar gyoza garing, tapi nggak alot yang kayak kita makan biasanya, dalamnya daging ayamnya lembutttt banget, anakpun doyan.  Dan ini pertama kalinya juga gue makan yakitori, gw pilih yang torikawa dari kulit ayam. Teksturnya crunchy, rasanya bisa asin atau manis bisa pilih.




Waraji Corokette big size







 Setelah itu kroket kentang kita datang (Waraji Corokette), dan ini gue kira cuman kayak kroket biasalah, eh tapi ukurannya gede bangetttt...., rasanya juga enak, garing di luar lembut didalamnya, kayaknya ada daging juga deh di campuran kentangnya. saos kroketnya pun enak.
Cheese Dak Galbi semua meleleh








Cheese Dak Galbi itu, ayam ukuran kecil dikasih saus dan keju meleleh, ini pasti jadi pilihan banget nih.... ayamnya tender banget, bumbunya bener-bener meresap. Dihidangkan pakai hot plate, jadi tetap panas sampai gigitan terakhir, ini favorite anakku.



bukan mochi ice cream biasa

Buat dessert kami pikir standar lah, pilih aja es krim. Pokoknya asumsi kami nggak terlalu gede buat yang satu ini. Tapi.... pas lihat ukurannya besar banget untuk ukuran mochi ice cream lho ya. Pilihan rasa macem-macem, gue pilih ogura karena itu rasa otentik Jepang (menurut gue sih). Gigitan pertama, ya ampunnn...itu eskrim nya enak banget yaaa... ogura nya masih kerasa banget, banyak potongan kacang merah nya. mochinya kenyal dan tebal tapi nggak keras.

Selama makan semua menu di Kashiwa, gue dan suami nggak berhenti-berhenti senyum sambil ngunyah, nyuapin anak juga. Lihat orang lain makan sambil ngobrol bareng temen, seru juga. Memang sih tempat ini kurang cocok buat anak-anak ya... karena semuanya smoking room, tapi syukurnya kita dapet tempat di pojokkan (yang bukan tempat favorite orang-orang untuk duduk), jadi nggak terasa banget bau rokoknya.



Homeybites hint nya buat menu yang gue pesen adalah, masing-masing makanan ada saus nya masing-masing, bisa sambil di switch aja buat memaksimalkan rasa. Makan kroket ditambah bumbu kejunya dak galbi itu enak pol, atau gyoza dicelupkan saus kroket, masih cocok juga. Free style eating sangat diperlukan disini.

Bakal dateng balik kesini? kayaknya yes banget, pulang ke hotel langsung kebayang dak galbi nya aja hehehehe... nyesel nggak bungkus pulang.




Love,

Ananta

Komentar