Investigasi Pasar PAL #1

Hallo Homey Bites...

Akhir-akhir ini, di Jakarta dan sekitarnya suka hujan yang nggak jelas, siang panas, sore nya hujan gede banget. Pas pagi nyaa.... ini dia yang paling seru, karena udaranya masih dingin akibat hujan semalaman. Bangun tidur langsung diajak tante ke pasar Pal di daerah Depok. Biasa, saya suka jadi tukang ojeg nya si tante. 

Kalau ada yang malas pergi ke pasar gara-gara becek,  enggak dengan saya. Saya seneng ke pasar. Seneng cium bau ikan segar, denger suara parutan kelapa, denger suara tukang ayam motong ayam (abis motong apalagi dong?), dan yang nggak ketinggalan pengen jajan... icip-icip apa aja yang bisa di makan. 

Si tante kebetulan pengen beli tape, buat di goreng bola-bola (nanti saya kasih resepnya, beneran enak). setelah keliling-keliling, muter-muter, tiba-tiba saya lihat ada tukang martabak. Bukan martabak bangka yang biasa kita lihat jualan malem-malem. Ini martabak biasa yang ukurannya kecil, yah diameter 15 centi lah. Martabak ini murah meriah, cuma 3000 perak buat yang seukuran kecil tadi. Yang bikin nambah bikin selera... itu adalah martabak isi ketan item. Jadi inget terakhir kali makan yang isi ketan item itu pas setahunan yang lalu. Rada jarang juga sih soalnya nyari martabak yang isinya ketan item (beneran deh). 

Biasanya kalau kita beli martabak paling-paling beli yang rasa keju, coklat, coklat pisang, selai strawberry...ahh itu udah biasa banget. Yang ini nih rasa "KETAN ITEM" yang gurih.

Sumpah!!!! martabaknya asli bikin selera banget buat langsung di makan pas panas-panas... kaca gerobaknya aja sampai berembun. Nggak lupa ditaburin kelapa parut diatasnya dan semakin membuat martabak itu menggoda. Karena kebetulan nggak bawa dompet dan malu minta duit sama si Tante.... terpaksa saya tahannnn sampai besok akhirnya bisa kesampaian. 

Sebenernya, setelah saya googling kembali tentang ketan item.... 

ketan item banyak manfaatnya lho ^^
ketan hitam berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/tumor, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, dan mencegah anemia.

ketan hitam mengandung sedikit protein, namun kandungan besinya tinggi, jauh lebih tinggi dibanding beras dari varietas IR64, Ciherang, Cisadane, Sintanur, dan Pandanwangi.



Apalagi sekarang ketan item udah populer banget buat jadi bolu ketan item, bubur ketan item (udah pasti), onde-onde ketan item, hmm... makib banyak variasi nya.

Jadi kalo nanti mau pesen martabak....cobain deh martabak isi ketan item.... dijamin langsung kerasa homey bites nya :D

Komentar