Pie Susu Teflon "almost failed"

Pie Susu Teflon, who invented this brilliant recipes?. Buat saya yang malas, segala dessert atau kue yang tidak memerlukan oven, judul resep ini benar-benar membuat saya terharu. Terima kasih untuk mereka yang menciptakan ini (non-baked dessert). 

Saya pertama kali lihat resep ini di tik-tok (iyaa.... media sosial yang lagi hits itu lho). Dia ngasih lihat masak pie susu pakai teflon, menggunakan resep dari Yackikuka (some of you already know her right!!!). Setelah browsing-browsing sebenarnya saya cukup telat tahu resep ini yaa.. hihihi, 

Anyway, bahannya simple banget itu yang terpenting. Googling aja langsung banyak banget resep Pie Susu Teflon ini. Kali ini saya ikut resepnya Yackikuka.

Ingredients:

Kulit Pie: 

10 sdm tepung terigu
5 sdm margarin
2 sdm kental manis

Bahan Fla:

10 sdm air
2 sdm tepung maizena
2 buah telur
16 sdm kental manis

Parah...resepnya pun ditakar cuma pakai sendok, tanpa harus ditimbang-timbang, Oooyeahhh it's gonna be easy peasy I thought (percayalah, dilarang sombong pada awalnya).

Let's get started...

Campurkan semua bahan kulit pie hingga kalis..., can't believe it ini benar-benar jadi adonan!!!, setelah itu ratakan di loyang teflon. Baru di langkah awal saja, sudah ada permasalahan salah pakai teflon (ya kann... dibilang jangan anggap remeh resep ini fulgoso!)

teflon kebesaran, pakai yang ukuran sedang ya...


Akhirnya rombak ulang adonan, pindahkan ke teflon yang lebih kecil.

tusuk-tusuk adonan dengan garpu

Masukan adonan fla (sambil disaring) ke atas adonan. Setelah itu nyalakan kompornya. Jangan lupa gunakan api kecil ya, supaya tidak gosong. Harus sering di cek. Pokoknya I already follow the rules. It's gonna be amazing yeahhh (sombong ke-dua)

hmmm... looks good 

Sampai sekitar hampir 20 menit, I smelled it, not the yummy thing, tetapi Nooooo!!! pinggiran pie susunya gosong, sedangkan fla nya belum mengeras. Jadi tetap saja, panasnya kompor itu langsung kena ke teflon (kalau pakai oven kan panasnya selow ya), nah ini meskipun api sudah paling kecil tetap saja cepat membuat bagian bawah pie cepat matang. Damn... what shoud I do. Saya langsung panggil suami dan mertua (iya se urgent itu kepanikan saya, berharap mereka bisa membantu). Saya langsung matikan kompor saat itu juga. 

Setelah dinasehati mertua, coba lihat di resep mbak ini (mbak di cookpad yang juga follow mba Yackikuka), katanya teflonnya dialasin tutup panci bekas agar tidak terlalu panas. Wooppss... 

Percuma bersedih hati juga, saya harus lanjutkan perjalanan pie susu teflon ini. Akhirnya saya coba ambil batu bata untuk ganjal kompornya. Seharusnya dari awal kita melakukan ini. Sambil Bismillah semoga gosongnya tidak bertambah, tetap dengan api paling kecil.

This bricks save my life

Setelah beberapa kali cek, voila fla nya mulai mengeras (cek dengan garpu), tapi tetap fluvy. Matikan api, tunggu sampai adem baru bisa diangkat. 



Not bad, gosong di pinggirannya nggak nyantai

Tekstur pie nya jadi crunchy banget karena ada gosong-gosongnya. Untuk mempercantik (dan memperenak) taburi keju cheddar di atasnya. 

Moist fla nya masih oke


Tapi parah sih ya... pie gagal beginipun tetap enak dimakan. But, still I'm proud with myself hihihi. Kalian harus belajar dari kesalahan di blog ini :p. 

Here's  some tips from HomeyBites:
  • Gunakan teflon ukuran sedang 
  • Gunakan api kecil
  • Teflon diganjal dengan batu bata atau dialaskan bahan metal (tutup panci bekas misalnya)
Happy baking with teflon <3



Love,

Ananta


Komentar