Happy Ied Mubarak 1433 H

Dear Homey Friends....


Arrgghhh maaf baru bisa posting sekarang hehehe... Happy Ied Mubarak, mohon maaf lahir dan batin :).

Puasa tahun ini cukup sibuk karena menyiapkan beberapa proposal skripsi yang terus harus di revisi dan revisi lagi, selain itu juga menumpuknya tugas dan deadline kerjaan freelance gue membuat gue lebih memilih tidur dibanding buka laptop dan melihat revisian yang udah nongol di desktop.

well well gimana puasa kalian?. Gimana berat badan kalian?? hohoho itu yang paling bikin takut di hari pertama lebaran. Gimana enggak, tradisi di indonesia yang begitu ramai akan masakan santan membuat nafsu makan kita bertambah.... namanya juga setahun sekali, hari Lebaran nggak boleh melupakan makan-makan :9.

Hari pertama lebaran gue langsung ke rumah uwa gue dan dihadapkan berbagai penganan khas Lebaran. Setiap keluarga pasti punya spesialisasi masing-masing di setiap menunya. Yang pasti selalu ada adalah ketupat.

Pat Pat Ketupat

Ini ketupat yang mama masak dari pagi sampe siang nggak kelar-kelar. Butuh kesabaran extra buat bikin lho. Temannya ketupat bisa sayur labu  bersantan yumm yummm.

Kuah Santan Labu
Yang ini juga buatan mama, di dalamnya adda irisan labu dan kacang panjang juga potongan ayam. Rasanya? jangan ditanya... 

Pake kuah sayur juga jangan melupakan si empal. Mama membuatnya seharian hingga daging empuk lalu di goreng.

Empal


Ayam Kampung Goreng
Nahh buat penambah selera ada ayam kampung yang di goreng, well ini sumpah butuh tenaga ekstra untuk memakannya karena agak keras namanya juga ayam kampung. Kalo menu yang ini bagian anak-anak yang suka. Kenapa pilih ayam kampung?? karena ayam kampung ituu lebih sehat tanpa suntikan dan dari segi rasa sebenarnya menurut gue lebih gurih.

Ada apalagi ya?? nahhh...ini dia mungkin bisa jadi favorit. ini udang panggang yang sebelumnya asudah dibumbui lalu di taruh di atas pan panggangan. Di panggang sampai kering lalu diberi perasan lemon segar....

Udang Panggang dengan Perasan Lemon
Pastikan udangnya benar saat pencucian dan panggang jangan terlalu kering. Perasan lemon mmembuat si udang makin segar.... bagaikan makan sea food di pinggir pantai.

Selain makanan utama, ada beberapa camilan dan desert yang disediakan di hari lebaran keluarga gue, ada kue kering...

kue kering :))


Lagi-lagi ini mama yang bikin, dan terkenal enak (serius... doakan gue agar segera bisa membuatnya). Bisa dilihat yang paling kiri ada Nastar, tengah ada Kastangel, dan kue coklat.

Rasa Nastar yang bisa dirasakan dari buatan mama adalah kering di luar dan lembut didalam, mama selalu pilih nanas terbaik untuk isiannya, karena kadang kita suka ngerasain nastar yang asem. bisa karena buat selainya yang kurang lama dalam penggodokan atau juga karena nanasnya yang kuran matang.

Kastangel mama memakai 2 macam keju, keju kraft dan keju yang dilapisi lilin merah. menteganya juga 2 macam, pakai blue band dan wisman. Rasanya gurih banget.... keju kraft diatasnya garing dan potongan keju bisa dirasakan hingga didalam kuenya.

Kue coklat mungkin paling mudah dibuat, karena tinggal pakai sistem cetak aja, ini rasanya garing dan potongan kacang metenya bisa membuat bunyian "kruukkk krukkk" saking renyahnya.

Dan nggak lupa tahun ini kita pesan red velvet nya Harvest yang diatasnya dihiasi macarons coklat :9

Red Velvet Harvest

Oke Dear bisa dilihat kan, gimana serunya makanan-makanan khas Lebaran. Kapan-kapan gue akan posting satu per satu resepnya jadi bisa sekalian dicoba di rumah.

Untuk lebaran ini nggak perlu ada tata cara makan apa campur apa, semuanya bisa langsung di makan bersamaan sesuai selera kamu lho :9 feel your homey in every single bites and enjoy.




Love,
Ananta 


Komentar